Kata Pengantar
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillahirabbilalamin.
Segala puji bagi Allah yang telah menolong saya menyelesaikan laporan ini dengan
penuh kemudahan. Tanpa pertolongan-Nya mungkin penyusun tidak akan sanggup
menyelesaikan dengan baik. shalawat dan salam semoga terlimpah curahkan kepada
baginda tercinta yakni nabi muhammad SAW.
Laporan ini disusun agar pembaca dapat memperluas pengetahuan tentang
Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler disekolah, yang saya sajikan berdasarkan
pengamatan dari berbagai sumber.
Semoga Laporan ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca.
Walaupun Laporan ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk
saran dan kritiknya. Terima kasih.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Seiring berjalannya waktu, tanpa disadari kemajuan
dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi semakin jauh meningkat peningkatan ini
membawa dampak yang besar terhadap kehidupan manusia pada umumnya. Teknologi
melupakan salah satu tolak ukur dari kemuajuan suatu Negara, sedangkan ilmu
pengetahuan merupakan pendukung terciptanya sebuah teknologi.
Di era globalisasi ini perkembangan teklonlogi informasi sangatlah pesat. Hal
tersesebut sangat mempengaruhi masyarakat di Indonesia pada umumnya. Hampir
disetiap kegiatan dan aktifitas kita tidak pernah lepas dari peralatan canggih
dan modern,misalnya komputer. Dalam proses perkembangannya sudah pasti tidak
lepas dari faktor-faktor yang dapat menciptakan suatu terobosan rancangan yang
lebih efektif dan efisien. Sebagai contoh, hal yang sangat berperan penting
pada perkembangan suatu bidang tertentu adalah media inforamasi. Media
informasi berfungsi sebagai senjata paling ampuh dan sangat berperan sekali
dalam menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini khususnya internet.
Para pengguna jasa internet dapat dengan mudah mencari informasi-informasi yang
diinginkan dengan mengunjungi situs-situs website yang ada.
Salah satunya website yang memberikan informasi tentang game
yang didalamnya terdapat informasi tentang game-game terbaru dan terpopuler
Seiring dengan
perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, dunia game juga
berkembang beriringan dengan perkembangan teknologi dan peminatnya semakin
bertambah bahkan hampir semua kalangan menyukai game,dengan
demikian para penggemar game harus diberikan sarana yang menginformasikan
semua berita terupdate tentang game yang digemarinya dengan
mudah dan cepat dengan hanya menggunakan akses internet untuk mencari website yang
menyediakan informasi tersebut.
Oleh karena itu penulis mencoba untuk membuat sebuah website yang
menginformasikan tentang game terutama Game FPS (First
Person Shooter) dengan judul : “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PORTAL
GAME BERBASIS WEB” .
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian dan prasurvey diatas, maka dapat dirumuskan permasalahannya
dalam penelitian diatas sebagai berikut:
1. Bagaimana proses
perancangan portal Game ini dapat dilakukan ?
2. Apa kaitannya dunia
maya dengan portal game?
1.3 Batasan Masalah
Karena keterbatsan dari segi waktu, kesempatan dan kemampuan saya, maka
penilitian ini hanya membahas tentang Perancangan Sistem Informasi Portal Game
Berbasis Web di PT ID Gamers.co .
1.4 Identifikasi Masalah
Merujuk pada Latar belakang masalah di atas maka dapat di identifikasi
beberapa masalah yang berkaitan dengan latar belakang diatas :
1. Apakah ada pengaruh
terhadap kemajuan teknologi antara permainan(games) didengan user(pengguna)?
2. Apakah terdapat
hubungan antara games dengan kehidupan sehari2 user?
1.5 Tujuan Dan Kegunaan Penelitian
1.5.1
Tujuan Penelitian
Maksud dari penulisan tugas akhir ini adalah :
a. Mengetahui
sampai sejauh mana penulis dapat merancang sebuah web dari ilmu yang didapatkan
selama perkuliahan.
b. Memberikan
informasi mengenai Game FPS (First person shooter)
kepada siapapun yang belum mengetahuinya.
c. Memberikan
kemudahan untuk mengetahui tentang Game FPS (First person
shooter) terbaru dan terpopuler.
d. Memberikan
dukungan agar Game FPS (First person shooter)
akan lebih diminati oleh semua kalangan.
BAB II
A. LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian
Portal web adalah situs web yang menyediakan kemampuan tertentu yang dibuat sedemikian rupa
mencoba menuruti selera para pengunjungnya. Kemampuan portal yang lebih
spesifik adalah penyediaan kandungan informasi yang dapat diakses menggunakan
beragam perangkat, misalnya komputer pribadi, komputer
jinjing (notebook), PDA (Personal Digital Assistant),
atau bahkantelepon genggam.
2.2 Jenis-Jenis
Berikut
beberapa contoh Portal game:
· Dota.opengamers.us
· Netmarble.co.id
· Gogamers.us
· Gemscool.com
BAB III
3.1 Kesimpulan
Setelah penulis mengamati, mempelajari, dan akhirnya
menyusun tugas akhir ini yang mengambil Perancangan Sitem Informasi Portal Game
Berbasis Web dengan menggunakan dreamweaver cs 3. Penulis dapat mengambil
kesimpulan mengenai perancangan website. Kesimpulan tersebut antara
lain yaitu :
a. pembuatan
dan penyusunan letak gambar yang baik sangat mendukung tampilan sebuah web.
b. penentuan
tema sangatlah penting dalam pembuatan suatu web karena dengan tema
kita dapat menentukan desain suatu web.
c. pengguna software yang
tepat juga dapat menghasilkan sebuah web yang baik pula.
Dalam tugas akhir ini penulis menggunakan dreamweaver
cs 3 karena aplikasi adobe dreamweaver sangat mudah untuk dioperasikan.
Perogram ini menyediakan banyak perangkat yang dapat meningkatkan kemampuan user dalam
membuat web, gambar maupun tulisannya. Hardware atau perangkat
keras komputer juga harus diperhatikan agar dapat mempermudah dalam proses
pembuatan.
3.2 Saran
Dari kesimpulan yang telah penulis buat berdasarkan
proses perancangan web dari awal hingga akhir, maka penulis
mencoba mengajukan saran-saran agar dapat mengahasilkan situs yang jauh lebih
baik lagi, yaitu :
a. Perkaya imajinasi agar menghasilkan web yang menarik,
karena imajinasi yang baik dapat menciptakan tampilan web yang menarik.
b. Carilah sumber-sumber pelajaran dalam merancang sebuah
web. Sumber-tersebut dapat diperoleh dari buku-buku, internet,
serta belajar dari orang yang lebih menguasai.
c. Jangan cepat puas apabila kita telah merancang sebuah
web. Belajar dan belajar terus agar dapat merancang web lebih baik lagi.
d. Memperdalam ilmu desain dan sering berlatih untuk
membuat desain halaman web. Berkunjung ke internet untuk
mencari desain yang paling bagus dan kemudian cobalah didesain ulang dengan
program pengolah citra yang dikuasai.
e. Agar dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang
mengunjungi sebuah website, diharapkan untuk selalu melakukan pengupdetan website secara
berkala sehingga website menjadi lebih dinamis
karena informasi didalamnya selalu mengikuti
perkembangan yang up to date.
3.3 Daftar Pustaka
[1]. www.google.com
[3]. Sugiyono, Metode
Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet 3. Bandung :
Alpabeta, 2007
Sumber:
http://everythingaboutboo.blogspot.com/2013/06/contoh-laporan-penelitian-ilmiah.html
0 komentar:
Posting Komentar